Dhammapada Syair 85 & 86 – Kisah Para Pendengar Dhamma

Ketika berdiam di Vihara Jetavana, Sang Buddha membabarkan syair kedelapan puluh lima dan delapan puluh enam dari Dhammapada ini, yang merujuk pada pertemuan para umat yang datang untuk mendengarkan khotbah Dhamma di Savatthi.

Pada suatu kesempatan, sekelompok orang dari Savatthi membuat persembahan khusus kepada para bhikkhu secara bersama-sama dan mereka meminta para bhikkhu untuk memberikan khotbah Dhamma sepanjang malam di tempat mereka. Pada saat itu banyak di antara para pendengar tidak dapat bertahan duduk sepanjang malam, dan mereka pulang lebih cepat; beberapa orang dapat bertahan duduk sepanjang malam, tetapi kebanyakan dari mereka pada waktu itu mengantuk dan setengah tidur. Hanya sedikit orang yang mendengarkan dengan penuh perhatian khotbah-khotbah Dhamma yang disampaikan.

Dini hari, ketika para bhikkhu berkata kepada Sang Buddha tentang apa yang terjadi pada malam hari sebelumnya, Beliau menjawab, “Kebanyakan orang terikat pada dunia ini, hanya sedikit orang yang dapat mencapai pantai seberang (Nibbana).

Kemudian Sang Buddha membabarkan syair berikut:

Hanya sedikit di antara umat manusia yang dapat menyeberang sampai ke pantai seberang; sebagian besar umat manusia hanya berlari-lari di pantai sebelah sini.

Akan tetapi mereka yang melaksanakan Dhamma yang dibabarkan dengan jelas, akan menyeberangi alam kematian yang sukar untuk diseberangi, menuju ke Pantai Seberang.

  • Sumber: Dhammapada Atthakatha, Insight Vidyasena Production

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s