Dhammapada Syair 72 – Kisah Satthikutapeta

Ketika berdiam di Vihara Veluvana, Sang Buddha membabarkan syair ketujuh puluh dua dari Dhammapada ini, yang merujuk kepada sesosok makhluk peta, bernama Satthikutapeta.

Siswa utama Sang Buddha, Maha Moggallana melihat makhluk peta yang sangat besar ini ketika sedang berpindapatta bersama Lakkhana Thera. Berkenaan dengan hal ini, Sang Buddha menjelaskan bahwa makhluk Satthikutapeta tersebut, pada salah satu kehidupannya yang lampau, adalah seorang yang sangat berbakat dalam melempar batu pada sasarannya. Pada suatu hari, dia meminta izin dari gurunya untuk menguji ketrampilannya. Gurunya berkata agar ia tidak melempar ke seekor sapi, atau manusia, karena akan menyebabkan dia harus membayar kerugian kepada si pemilik sapi atau sanak saudara orang yang dilemparinya, namun disarankan untuk mencari sasaran yang tidak ada pemiliknya atau tidak dijaga.

Ketika melihat seorang Paccekabuddha, orang bodoh itu, berpikir bahwa Paccekabuddha, tidak mempunyai pemilik ataupun penjaga, akan menjadi sasaran yang tepat. Maka dia melempar sebuah batu kepada Paccekabuddha yang sedang berpindapatta. Batu itu masuk ke dalam satu telinga Paccekabuddha dan keluar melalui telinga lainnya. Paccekabuddha itu sendiri meninggal dunia begitu sampai di vihara. Pelempar batu itu mati dibunuh oleh murid-murid sang Paccekabuddha dan ia dilahirkan kembali di neraka Avici. Setelah itu, dia dilahirkan kembali sebagai makhluk peta dan semenjak itu pula menerima akibat dari perbuatan buruk yang telah dilakukannya. Sebagai makhluk peta, kepalanya yang sangat besar selalu dipukul dengan palu yang membara.

Dalam kesimpulannya, Sang Buddha berkata, “Bagi orang bodoh, ketrampilan atau pengetahuan tidak ada gunanya; hal itu hanya akan membahayakan dirinya sendiri.”

Kemudian Sang Buddha membabarkan syair berikut:

Orang bodoh yang belajar ilmu pengetahuan, ilmunya hanya akan merusak dirinya sendiri, ia akan mengalami kemerosotan, akal budinya terpencar berserakan ke sana-sini.

  • Sumber: Dhammapada Atthakatha, Insight Vidyasena Production

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s