Dhammapada Syair 71 – Kisah Ahipeta

[1]

Ketika berdiam di Vihara Jetavana, Sang Buddha membabarkan syair ketujuh puluh satu dari Dhammapada ini, yang merujuk kepada sesosok makhluk peta (hantu).

Siswa utama Sang Buddha, Maha Moggallana pada suatu kesempatan bersama dengan Lakkhana Thera di Rajagaha berpindapatta. Ketika melihat sesuatu, beliau tersenyum tetapi tidak mengatakan apa-apa. Setelah tiba kembali di vihara, Maha Moggallana Thera memberitahu Lakkhana Thera bahwa beliau tersenyum karena beliau melihat sesosok makhluk peta dengan kepala manusia dan tubuh seekor ular. Sang Buddha kemudian berkata bahwa beliau sendiri telah melihat makhluk peta tersebut pada saat beliau mencapai Penerangan Sempurna. Sang Buddha juga menjelaskan bahwa pada masa yang lampau, ada seorang Paccekabuddha, yang dihormati oleh banyak orang. Orang-orang yang pergi ke vihara harus melewati sebuah ladang. Pemilik ladang tersebut, khawatir ladangnya akan rusak karena banyaknya orang berlalu lalang menuju dan dari vihara, membakar vihara itu. Akibatnya, sang Paccekabuddha harus berpindah ke tempat lain. Murid-murid Paccekabuddha, sangat marah terhadap pemilik ladang tersebut, memukuli dan membunuhnya. Setelah kematiannya, si pemilik ladang dilahirkan kembali di neraka Avici. Kelahirannya pada saat ini, ia terlahir sebagai makhluk peta sebagai sisa akibat dari perbuatan buruk yang telah ia lakukan.

Dalam kesimpulannya, Sang Buddha berkata, “Sebuah perbuatan buruk tidak langsung berbuah, tetapi akan selalu mengikuti si pembuat kejahatan. Tidak ada yang dapat bebas dari akibat perbuatan jahat.”

Kemudian Sang Buddha membabarkan syair berikut:

Akibat dari perbuatan buruk tidak segera berbuah, seperti susu yang perlahan-lahan menjadi asam setelah diperah; demikian pula penderitaan akan membakar orang bodoh seperti bara api yang tertutup oleh abu.

[1] Ahipeta = Ahi + peta, Ahi = ular, peta = hantu.

  • Sumber: Dhammapada Atthakatha, Insight Vidyasena Production

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s