Dhammapada Syair 61 – Kisah Seorang Murid yang Tinggal Bersama Mahakassapa Thera

Ketika berdiam di Vihara Jetavana, Sang Buddha membabarkan syair keenam puluh satu dari Dhammapada ini, yang merujuk kepada seorang murid yang tinggal bersama Mahakassapa Thera.

Ketika Mahakassapa Thera berdiam di dekat Rajagaha, beliau tinggal bersama dua orang bhikkhu muda lainnya. Salah satu bhikkhu tersebut sangat hormat, patuh, dan taat kepada Mahakassapa Thera, tetapi bhikkhu yang satu lagi tidak seperti itu. Ketika Mahakassapa Thera menegur kelalaian murid yang kedua dalam menjalankan kewajiban-kewajibannya, murid tersebut sangat kecewa. Pada suatu kesempatan, ia pergi ke salah satu rumah umat awam Mahakassapa Thera dan berbohong kepada mereka dengan mengatakan bahwa sang thera sedang sakit. Maka ia mendapatkan beberapa makanan terpilih dari mereka untuk sang thera, tetapi ia makan makanan tersebut di perjalanan. Ketika sang thera menasehati kelakuannya itu, bhikkhu tersebut menjadi sangat marah. Keesokan harinya, ketika sang thera pergi keluar untuk berpindapatta, bhikkhu muda yang bodoh ini tidak ikut. Ia memecahkan tempat air dan kuali, serta membakar vihara.

Seorang bhikkhu dari Rajagaha menceritakan peristiwa ini kepada Sang Buddha, Sang Buddha mengatakan bahwa lebih baik bagi Mahakassapa Thera untuk tinggal sendirian daripada tinggal bersama seorang yang bodoh.

Kemudian Sang Buddha membabarkan syair berikut:

Apabila seorang pengembara tidak berhasil menemukan teman yang setara atau lebih baik daripada dirinya, maka lebih baik ia mengembara seorang diri daripada ditemani oleh orang bodoh.

Bhikkhu dari Rajagaha tersebut mencapai tingkat kesucian Sotapatti setelah khotbah Dhamma tersebut berakhir.

  •  Sumber: Dhammapada Atthakatha, Insight Vidyasena Production

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s