Dhammapada Syair 44 & 45 – Kisah Lima Ratus Orang Bhikkhu

Ketika berdiam di Vihara Jetavana, Sang Buddha membabarkan syair keempat puluh empat dan keempat puluh lima dari Dhammapada ini, yang merujuk kepada lima ratus orang bhikkhu.

Lima ratus orang bhikkhu, setelah menemani Sang Buddha ke sebuah desa, pulang kembali ke Vihara Jetavana. Sorenya, ketika para bhikkhu tersebut membicarakan perjalanan yang baru dilakukan, khususnya kondisi tanah desa tersebut, apakah berbukit-bukit atau menanjak, apakah tanahnya berlumpur atau berpasir, apakah merah atau hitam, dan sebagainya; Sang Buddha menghampiri mereka. Mengetahui apa yang mereka bicarakan, Sang Buddha berkata pada mereka, “Bhikkhu, bumi yang kalian bicarakan ada di luar tubuh ini. Sesungguhnya lebih baik mengamati tubuhmu sendiri dan mempersiapkan diri (untuk berlatih meditasi)”.

Kemudian Sang Buddha membabarkan syair berikut:

Siapakah yang akan mengenal dunia ini, alam kematian dan alam dewa? Siapakah yang akan memahami Dhamma yang telah dibabarkan dengan sempurna oleh Sang Buddha, seperti seorang perangkai bunga yang pandai memilih bunga-bunga indah untuk dirangkai.

Siswa yang terlatih dengan baik[1], akan mengenal dunia ini, alam kematian dan juga alam dewa. Siswa yang terlatih baik memahami Dhamma yang telah dibabarkan dengan sempurna oleh Sang Buddha, seperti seorang perangkai bunga yang pandai memilih bunga-bunga yang indah  untuk dirangkai.

Lima ratus orang bhikkhu tersebut mencapai tingkat kesucian Arahat setelah khotbah Dhamma tersebut berakhir.

[1] Sekha/Ariya Sekha = seseorang yang telah mempraktekkan Dhamma dan memasuki Jalan tetapi belum menjadi seorang Arahat.

  • Sumber: Dhammapada Atthakatha, Insight Vidyasena Production

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s