Dhammapada Syair 33 & 34 – Kisah Meghiya Thera

Ketika berdiam di Gunung Calika, Sang Buddha membabarkan syair ketiga puluh tiga dan ketiga puluh empat dari Dhammapada ini, yang merujuk kepada Meghiya Thera.

Pada waktu itu, Meghiya Thera tinggal bersama Sang Buddha. Pada suatu kesempatan, dalam perjalanan pulang setelah menerima dana makanan, Meghiya Thera melihat sebuah hutan mangga yang menyenangkan dan indah, yang ia pikir sesuai sebagai tempat berlatih meditasi. Ia pun memohon izin Sang Buddha agar diperbolehkan ke sana, namun karena Sang Buddha akan tinggal sendirian pada saat itu, ia pun diminta untuk menunda sebentar niatnya hingga kedatangan beberapa bhikkhu lainnya. Sang thera tidak kuasa menahan keinginannya untuk pergi dan karenanya ia terus meminta dan meminta izin Sang Buddha, hingga akhirnya Sang Buddha mengatakan padanya untuk melakukan apa yang diinginkannya.

Segera, Meghiya Thera pergi ke hutan mangga, duduk di bawah sebuah pohon dan berlatih meditasi. Dia tinggal di sana sepanjang hari, tetapi pikirannya terus berkeliaran dan ia tidak mengalami kemajuan. Sore harinya, dia kembali dan melapor kepada Sang Buddha tentang bagaimana sepanjang waktu pikirannya dipenuhi nafsu indria, pikiran jahat, dan kejam (kama vitakka, byapada vitakka, dan vihimsa vitakka).

Jadi, Sang Buddha menjelaskan padanya bahwa karena pikiran sangat mudah tertarik dan berubah-ubah, seseorang harus mengendalikan pikirannya.

Kemudian Sang Buddha membabarkan syair berikut:

Pikiran itu tidak tenang, tidak stabil, bergelombang, sukar dijaga, sukar dikendalikan; orang bijaksana meluruskan pikirannya seperti pembuat panah meluruskan anak panahnya.

Seperti ikan yang terlempar keluar dari air, menggelepar di atas tanah yang kering, demikianlah batin ini, bergolak ketika membebaskan diri dari pengaruh Mara.

Pada akhir khotbah Dhamma tersebut, Meghiya Thera berhasil mencapai tingkat kesucian Sotapatti.

  • Sumber: Dhammapada Atthakatha, Insight Vidyasena Production

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s