Dhammapada Syair 16 – Kisah Upasaka Dhammika

Ketika berdiam di Vihara Jetavana di kota Savatthi, Sang Buddha membabarkan syair keenam belas dari Dhammapada ini, yang merujuk kepada Dhammika, seorang umat awam.

Suatu ketika, di kota Savatthi hiduplah seorang umat awam bernama Dhammika, yang berbudi luhur dan sangat gemar memberikan dana. Ia secara teratur memberikan dana makanan serta kebutuhan lainnya kepada para bhikkhu dan juga pada waktu-waktu tertentu. Pada kenyataannya, ia merupakan pemimpin dari lima ratus umat Buddha berbudi luhur yang tinggal di Savatthi. Dhammika memiliki tujuh orang putra dan tujuh orang putri. Sama seperti ayahnya, mereka semua berbudi luhur dan tekun berdana. Ketika Dhammika jatuh sakit dan berbaring di tempat tidurnya, ia membuat permohonan kepada Sangha untuk datang menemuinya dan membacakan paritta-paritta suci di samping pembaringannya. Ketika para bhikkhu membacakan Maha satipatthana Sutta, enam kereta kuda yang penuh hiasan dari enam alam surga datang mengundangnya untuk pergi ke alam mereka masing-masing. Dhammika berkata kepada mereka untuk menunggu sebentar, takut kalau mengganggu pembacaan sutta. Para bhikkhu, berpikir bahwa mereka diminta untuk berhenti, berhenti dan kemudian meninggalkan tempat itu.

Sesaat kemudian, Dhammika memberitahu anak-anaknya mengenai enam kereta kuda yang penuh hiasan yang sedang menunggunya. Kemudian ia memutuskan untuk memilih kereta kuda dari alam surga Tusita dan meminta salah satu anaknya untuk memasukkan karangan bunga pada kereta kuda tersebut. Kemudian ia meninggal dunia dan terlahir kembali di alam surga Tusita. Demikianlah, orang berbudi luhur berbahagia di dunia ini sama seperti di alam berikutnya.

Kemudian Sang Buddha membabarkan syair berikut:

Dalam kehidupan ini ia berbahagia, dalam kehidupan yang akan datang ia juga akan berbahagia, dalam kedua alam kehidupan si pembuat jasa kebaikan berbahagia. Ia bergembira dan berbahagia menyaksikan buah dari perbuatannya yang baik.

  • Sumber: Dhammapada Atthakatha, Insight Vidyasena Production

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s