Dhammapada Syair 9 & 10 – Kisah Devadatta

Ketika berdiam di Vihara Jetavana di kota Savatthi, Sang Buddha membabarkan syair kesembilan dan kesepuluh dari Dhammapada ini, yang merujuk kepada Devadatta.

Suatu ketika kedua murid utama Sang Buddha, Yang Ariya Sariputta dan Yang Ariya Maha Moggallana, pergi dari Savatthi menuju Rajagaha. Di sana, rakyat Rajagaha mengundang mereka, bersama dengan seribu muridnya, untuk menerima dana makan pagi. Pada kesempatan itu seseorang menyerahkan selembar kain, senilai seratus ribu, kepada pihak penyelenggara untuk didanakan. Dia mengharapkan mereka mengatur dan menggunakan pemberiannya untuk acara tersebut. Kalau tidak ada kekurangan, dapat diberikan kepada siapa saja dari para bhikkhu yang dianggap layak. Demikianlah tidak terdapat kekurangan apa pun dalam acara tersebut, sehingga kain itu akan didanakan kepada salah seorang Thera. Karena kedua murid utama Sang Buddha mengunjungi Rajagaha hanya pada saat-saat tertentu, maka kain itu didanakan kepada Devadatta yang tinggal menetap di Rajagaha.

Devadatta segera membuat kain itu menjadi jubah-jubah dan dengan bangga ia memakainya. Kemudian seorang bhikkhu dari Rajagaha datang ke Savatthi untuk memberikan penghormatan kepada Sang Buddha, dan menceritakan kepada sang Buddha mengenai Devadatta dan jubahnya, yang terbuat dari kain senilai seratus ribu itu. Sang Buddha kemudian berkata bahwa kejadian itu bukanlah untuk pertama kalinya, Devadatta telah memakai jubah-jubah yang tidak patut diterimanya. Sang Buddha kemudian menghubungkannya dengan kisah berikut ini.

Devadatta pernah menjadi seorang pemburu gajah pada salah satu kehidupannya yang lampau. Pada waktu itu, di dalam sebuah hutan, hiduplah sekelompok besar kawanan gajah. Suatu hari, sang pemburu menyadari bahwa gajah-gajah ini berlutut kepada Paccekabuddha yang melihat mereka. Setelah mengamatinya, sang pemburu mencuri bagian atas dari jubah kuning, lalu menutupi badan serta tangannya dengan jubah tersebut. Kemudian dengan memegang tombak di tangannya, dia menunggu gajah-gajah itu pada jalur yang telah biasa dilewati. Gajah-gajah itu datang dan karena mengira Devadatta sebagai seorang Paccekabuddha, berlutut untuk memberikan penghormatan. Mereka dengan mudah menjadi mangsa bagi sang pemburu. Ia bunuh gajah-gajah pada barisan terakhir satu persatu setiap harinya dan hal itu dilakukannya hingga berhari-hari.

Sang Bodhisatta (calon Buddha) adalah pemimpin dari kawanan gajah itu. Menyadari berkurangnya anggota kawanannya, ia memutuskan untuk menyelidiki dan mengikuti kawanannya dari barisan terakhir. Dia telah berjaga-jaga dan oleh karena itu, dapat menghindari serangan tombak. Dia menangkap sang pemburu dengan belalainya dan akan melemparkan sang pemburu ke tanah, jika tidak melihat jubah kuning yang dikenakan sang pemburu. Melihat jubah kuning itu, dia berhenti dan memberikan kesempatan hidup bagi sang pemburu.

Sang pemburu tidak berhasil membunuh dengan menggunakan tipuan jubah kuning dan perilaku seperti itu adalah perbuatan buruk. Sang pemburu jelas tidak berhak mengenakan jubah kuning.

Kemudian Sang Buddha membabarkan syair berikut:

Seseorang yang belum terbebas dari kekotoran batin, hidupnya tidak terkendali dan tidak memahami Kebenaran, maka ia tidak pantas mengenakan jubah bhikkhu.

Seseorang yang telah terbebas dari kekotoran batin, selalu berbuat baik, penuh pengendalian diri dan memahami Kebenaran, maka ia layak mengenakan jubah bhikkhu.

Banyak para bhikkhu yang mencapai tingkat kesucian Sotapatti, setelah khotbah Dhamma itu berakhir.

  • Sumber: Dhammapada Atthakatha, Insight Vidyasena Production

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s