Dhammapada Syair 3 & 4 – Kisah Tissa Thera

Ketika berdiam di Vihara Jetavana di kota Savatthi, Sang Buddha membabarkan syair ketiga dan keempat dari Dhammapada ini, yang merujuk kepada Tissa Thera.

Tissa adalah putra kakak perempuan dari ibu Pangeran Siddhattha, suatu ketika tinggal bersama Sang Buddha. Ia menjadi bhikkhu pada usia yang telah lanjut, namun ia bertingkah laku layaknya seorang bhikkhu senior dan sangat senang ketika para bhikkhu yang sedang berkunjung meminta persetujuannya untuk melakukan beberapa pelayanan bagi dirinya. Sebaliknya, ia gagal menjalankan tugas yang selayaknya diemban oleh seorang bhikkhu muda. Di samping itu ia juga sering bertengkar dengan bhikkhu-bhikkhu yang lebih muda lainnya. Ketika seseorang menegur kelakuannya, ia akan pergi mengadu kepada Sang Buddha, menangis, merasa sangat kecewa dan sangat marah. Bhikkhu-bhikkhu lainnya juga mengikutinya menghadap Sang Buddha untuk memberikan keterangan yang benar kepada Sang Buddha jika dibutuhkan. Sang Buddha berkata pada mereka untuk tidak menanam benih kebencian dalam pikiran, karena kebencian hanya dapat dikalahkan dengan tidak membenci.

Kemudian Sang Buddha membabarkan syair berikut:

Mereka yang memendam kebencian di dalam dirinya dan berpikir: “Ia telah menyiksa diriku, ia telah memukul tubuhku, ia telah mengalahkan aku dan telah merampas barang-barangku”, maka kebencian tidak akan lenyap dari batinnya.

Mereka yang tidak memendam kebencian di dalam dirinya dan tidak berpikir: “Ia telah menyiksa diriku, ia telah memukul tubuhku, ia telah mengalahkan aku dan telah merampas barang-barangku”, maka kebencian akan lenyap dari batinnya.

Pada akhir pembabaran Dhamma tersebut, seratus ribu bhikkhu mencapai tingkat kesucian Sotapatti.

  • Sumber: Dhammapada Atthakatha, Insight Vidyasena Production

One thought on “Dhammapada Syair 3 & 4 – Kisah Tissa Thera

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s