Enam Belas Jenis Keraguan


Enam belas jenis keraguan, muncul secara wajar di dalam pikiran seseorang. Dengan mengetahui Dhamma dan memiliki pengetahuan analitis mengenai pikiran dan badan jasmani dan juga pemurnian pikiran, keragu-raguan ini akan berangsur-angsur lenyap.

  • Lima perhatian mengenai masa lampau:

Apakah aku ada di masa lampau?

Apakah aku tidak ada di masa lampau?

Apakah aku bila demikian?

Bagaimanakah aku bila demikian?

Dari apakah aku akan menjadi sesuatu?

  • Enam perhatian mengenai masa saat ini:

Apakah aku ada?

Apakah aku tidak ada?

Apakah aku?

Bagaimanakah aku?

Darimana aku berasal?

Kemanakah aku akan pergi?

  • Lima perhatian mengenai masa depan:

Akankah aku ada di masa depan?

Akankah aku tidak ada di masa depan?

Apakah aku di masa depan bila demikian?

Bagaimanakah aku di masa depan bila demikian?

Dari apa yang telah menjadi akan menjadi apakah aku di masa depan?

M.I: 8

Leave a Reply

