Melatih Moralitas Dengan Membandingkan


Seseorang dapat memperbandingkan perbuatannya dengan perbuatan orang lain dan mengamalkan nilai-nilai kebajikan. Orang lain bisa jadi membahayakan, lebih lanjut, kita tidak akan membahayakan orang lain. Orang lain bisa jadi membunuh makhluk hidup, tetapi kita menghindari pembunuhan makhluk hidup.

Seseorang memperbandingkan perbuatan-perbuatan jahat berikut yang dilakukan oleh orang lain dan menghindari perbuatan-perbuatan tersebut. Menyakiti makhluk hidup, mencuri, mengikuti kegemaran dalam pemuasan nafsu, berbohong, iri hati, berpikiran jahat, memiliki pandangan salah, pikiran salah, ucapan salah, perbuatan salah, matapencaharian salah, daya upaya salah, perhatian salah, konsentrasi salah, pengetahuan salah, kebebasan salah, kemalasan dan kelambanan, kecongkakan, keragu-raguan, kegusaran, kebencian mendalam, sikap kasar, kedengkian, kecemburuan, keengganan, sikap berkhianat, tidak jujur, keras kepala, keangkuhan, sulit diberitahu, berteman dengan mereka yang jahat, acuh tak acuh, tidak setia, tidak memiliki rasa malu, ceroboh, sedikit belajar, malas, penuh dengan kesadaran yang kacau balau, lemah dalam hal kebijaksanaan.

Seseorang menyucikan pikirannya dari perbuatan-perbuatan jahat ini dan mengembangkan nilai-nilai positif dengan memperbandingkan cara hidup orang lain yang seperti demikian (di atas).

Cara moralitas ini tidaklah sepenuhnya bersifat individualis (mementingkan diri sendiri). Seperti yang telah dikatakan bahwa seseorang haruslah sudah suci sebelum dia mencoba menyucikan orang lain. Mengharapkan hal-hal baik bagi orang lain tetaplah merupakan hal yang hakiki dalam latihan moral ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s