Wat Chiang Man

 

Berdiri sejak 1306, Wat Chiang Man merupakan kuil tertua di Chiang Mai. Kuil ini menyimpan patung Buddha Kristal, salah satu harta nasional Thailand yang termashyur, disamping beberapa imej Buddha lainnya.

Sejarah

Wat Chiang Man didirikan tahun 1306 oleh Raja Mengrai, yang tinggal dan menetap di vihara ini untuk mengawasi pembangunan ibu kota baru Kerajaan Lanna. Menurut sebuah prasasti batu yang berada di dekat pintu bot, Chiang Man direnov pada tahun 1471, 1558, 1571 dan 1581.

Apa yang dilihat

Terletak di jantung kota Chiang Mai, Wat Chiang Man memiliki dua aula meditasi sederhana. Aula yang lebih besar memiliki fasad emas yang indah. Didalamnya terdapat sebuah imej Buddha berdiri dengan memegang sebuah mangkuk, yang dibuat pada tahun 1465.

Aula yang lebih kecil memiliki dua patung Buddha yang lebih kecil tapi berharga di altar utamanya: Buddha Kristal dan Buddha Marbel. Buddha Kristal ini dulunya milik Ratu Chamathewi dari Lamphun yang merupakan istri dari Raja Mengrai. Sedangkan Buddha Marbel dibuat pada abad ke-8 dan kemungkinan besar berasal dari Sri Lanka.

Terdapat pula Chedi Chang Lom yang merupakan sebuah stupa dikelilingi oleh patung gajah gaya Sinhala. Di sebelah selatan Chedi ini terdapat perpustakaan kuil.

http://www.sacred-destinations.com/thailand/chiang-mai-wat-chiang-man

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s