Kuil Longhua – Kuil Terbesar di Shanghai

Kuil Buddha terbesar dan tersibuk di Shanghai bernama Kuil Longhua, yang terkenal terutama akan keindahan pagoda abad ke-10 dan taman pohon persik.

Sejarah

Sejarah mengatakan bahwa kuil ini mulai dibangun sejak 247 Masehi pada masa Tiga Dinasti (238-251), sedangkan pagoda kuil yang ada sekarang baru dibangun tahun 977 pada masa Dinasti Song. Bangunan lain dalam kompleks kuil ini dibangun tahun 687 dan sejak itu sering direnovasi. Banyak dari bangunan yang terlihat sekarang ini berasal (dibangun lagi) dari periode Guangxu, Dinasti Qing (1875-1909).

Kawasan di sekitar kuil pernah digunakan sebagai sebuah penjara dan tempat eksekusi selama masa komunis.

Apa yang dilihat

Sebagai kuil terbesar dan tersibuk, tentu saja anda akan melihat banyak umat berdatangan dengan membawa dupa. Pada musim semi, kompleks kuil ini semakin indah dengan mekarnya bunga dari pohon persik.

Pagoda Longhua yang sudah berusia 10 abad juga tidak boleh dilewatan. Terbuat dari kayu dan bata, pagoda ini memiliki struktur oktogonal dan 7 tingkat. Dulu pagoda ini pernah menjadi bangunan tertinggi di Shanghai.

Terdapat 4 aula utama dalam kompleks kuil ini: Aula Maitreya, Aula Raja Langit, Aula Utama, dan Aula Tiga Pertapa.

Aula yang paling impressive adalah Aula Utama yang memiliki sebuah patung Buddha dengan 18 arahat, yang kesemuanya dipahat dengan sangat indah. Juga terdapat sebuah pahatan Dewi Kwan Yin bersama dengan cerita simbolis tentang proses reinkarnasi.

Di dalam Aula Tiga Pertapa terdapat tiga patung reinkarnasi dari Buddha. Disepanjang koridornya terdapat 500 patung arahat yang terbuat dari emas.

Di dekat pintu gerbang kuil ini terdapat menara lonceng 3 lantai. Lonceng perunggu seberat 3.3 ton ini selalu dipukul setiap menjelang pergantian tahun. Lonceng ini dipukul sebanyak 108 kali. Terdapat pula sebuah restoran vegetarian yang popular (jam buka 11 pagi – 2 siang)

http://www.sacred-destinations.com/china/shanghai-longhua-temple

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s