Kuil Bayon, Angkor Thom

Telah berdiri sejak abad ke-12 Masehi, Kuil Bayon menawarkan pemandangan luar biasa candi utama dari sebuah kota kuno – Angkor Thom. Kompleks ini terletak di sebelah utara dari komplek Angkor Wat yang terkenal.

Sejarah

Berbeda dengan kompleks Angkor Wat yang pada awalnya merupakan kompleks kuil umat Hindu, kompleks Kuil Bayon didirikan sebagai kuil bagi umat Buddha tetapi dengan tetap memasukkan unsure-unsur kosmologi Hindu.

Apa yang dilihat

Angkor Thom dibangun dengan pola persegi dimana masing-masing sisinya menghadap dengan tepat ke arah utara, selatan, timur dan barat. Kuil Bayon ini merepresentasikn pertemuan antara langit dan bumi.

Kuil Bayon terkenal akan kemegahan patung kepala bodhisattva Avalokiteshvara yang sangat besar. Patung tersenyum, yang meskipun banyak orang menganggap itu sebagai gambaran dari Jayavarman, telah disebut-sebut oleh sebagian orang sebagai “Mona Lisa dari Asia Tenggara”. Terdapat 51 menara kecil di sekeliling kuil.

Terdapat pula lebih dari 11.000 relief di dinding sepanjang 1.2 km. Kemungkinan besar relief-relief ini pada awalnya dilukis dan disepuh, tetapi seiring dengan berjalannya waktu relief ini mulai memudar.


sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s