Kuil Langit atau secara harfiah Altar Langit adalah sebuah kompleks bangunan pendeta Tao yang terletak di sebelah tenggara dari Beijing. Kompleks ini selalu dikunjungi oleh para kaisar dari dinasti Ming dan Qing untuk upacara tahunan berdoa kepada Dewa Langit demi panen yang baik. Kuil ini dianggap sebagai kuil Tao meskipun upacara persembahyangan ke Langit sudah ada sebelum munculnya paham Tao.

Kompleks kuil ini dibangun pertama kali dari tahun 1406 hingga 1420 selama masa pemerintahan Kaisar Yongle, yang juga memerintahkan untuk membangun Kota Terlarang Cina yang terkenal. Kompleks kuil ini kemudian diperluas dan dinamai ulang sebagai Kuil Langit selama pemerintahan Kaisar Jiajing pada abad ke-16 Masehi. Kaisar Jiajing juga membangun tiga kuil penting lainnya di Beijing, Kuil Matahari di sebelah Timur, Kuil Bumi di sebelah Utara, dan Kuil Bulan di sebelah Barat. Kuil Langit ini kemudian direnovasi pada abad ke 18 dibawah masa pemerintahan Kaisar Qianlong.

Kuil ini pernah dikuasai oleh Aliansi Inggris-Perancis selama Perag Opium Kedua. Pada tahun 1900 selama Pemberontakan Boxer, Aliansi Delapan Negara menguasai kompleks kuil dan mengubahnya menjadi tempat komando sementara pasukan di Beijing, yang hanya berlangsung 1 tahun. Penguasaan ini merusakkan kompleks kuil dan taman. Pencurian artefak kuno kuil oleh pihak Aliansi juga dilaporkan. Bersamaan dengan kejatuhan Qing, kompleks kuil dibiarkan tak terurus. Hal ini menyebabkan beberapa aula roboh.

Pada tahun 1914, Yuan Shikai, kemudian Presiden Republik Cina mengadakan sebuah upacara doa Ming di kuil ini, sebagai sebuah upaya untuk menyatakan dirinya sebagai Kaisar Cina. Tahun 1918 kuil ini diubah menjadi taman dan dibuka untuk public pertama kalinya. Pasukan Jepang menguasai taman ini selama Perang Sino-Jepang Kedua.

Kuil Langit sekarang terdaftar sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1998 dan digambarkan sebagai “sebuah mahakarya desain arsitektural dan lansekap yang dengan sederhana dan grafis mengilustrasikan sebuah kosmogoni evolusi yang sangat penting dari salah satu peradaban terbesar di dunia….” Juga “layout dan desain simbolik Kuil Langit ini memiliki pengaruh yang sangat besar pada arsitektur dan perencanaan di Timur Jauh selama berabad-abad.”

Kawasan sekeliling Kuil Langit saat ini menjadi taman yang sangat popular untuk berolahraga.

Kompleks kuil ini mencakup 2.73 km2 dan terdiri dari tiga kelompok bangunan utama, semua dibangun dengan persyaratan filosofis yang sangat ketat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s