Simbolisasi Orang Kudus

Santo Andreas

Merupakan salah satu dari 12 rasul dan sekaligus adalah saudara Santo Petrus. Menurut tradisi, ia menjadi martir dengan penyaliban di kayu salib diagonal. Oleh karena itu atribut paling umum yang mewakili adalah salib diagonal. Reliknya diambil dari Konstantinopel ke Amalfi pada saat Perang Salib ke-4 (1204) dan beberapa reliknya juga diklaim berada di kota St. Andrew di Skotlandia. Hari besar: 30 November.

Santo Bartolomeus


Bartolomeus merupakan salah satu dari 12 rasul dan kemungkinan adalah sahabat Philip. Menurut tradisi, ia menjadi martir dengan cara dikuliti hidup-hidup di Armenia. Karena itulah ia menjadi santo pelindung bagi Armenia, penjilid buku, pekerja/tukang kulit, dan tukang daging. Ia biasanya digambarkan dengan membawa sebilah pisau, memegang kulitnya, atau keduanya. Ia juga biasanya digambarkan berambut keriting dan seringkali hitam. Hari besar: 24 Agustus.

Santo Benediktus dari Nursia


Ia adalah seorang kepala biara Italia yang terkenal dengan tulisan Aturan Benediktus dan mendirikan ordo Benediktin. Ia sering kali mengenakan jubah hitam para biarawan Benediktin dan memegang sebuah tongkat keuskupan dan sebuah buku (yang menggambarkan Aturannya). Terkadang ia memiliki atribut yang berdasarkan pada legendanya seperti cangkir dengan ular (merujuk pada sebuah kejadian percobaan pembunuhan dengan racun), gagak dengan roti di paruhnya, atau sebuah guci anggur. Reliknya diambil dari Montecassino dan dibawa ke St. Benoit-sur-Loire di Perancis. Hari besar: 11 Juli.

Santa Katarina dari Alexandria


Ia adalah santa yang sangat popular di abad pertengahan dan banyak ditemui di Eropa. Akan tetapi sebenarnya santa Katarina tidak benar-benar pernah ada dan akhirnya dihapus secara resmi dari kalender orang-orang kudus pada tahun 1969. Legenda mengatakan bahwa Katarina adalah seorang filsuf dari Alexandria pada abad ke-3 dan banyak mengubah keyakinan orang-orang kafir melalui argument filosofisnya. Maximus memerintahkan eksekusi Katarina di roda, tetapi roda itu pecah. Oleh karena itu dia dipenggal sebagai gantinya. Dia adalah pelindung tukang roda, sarjana dan pustakawan. Dia biasanya digambarkan dengan roda, tetapi kadang-kadang dengan pedang.

Santa Helen (Helena)


Ibu dari Kaisar Konstantin Agung, yang merupakan peziarah antusias ke Tanah Suci dan dikreditkan dengan membawa banyak relik suci kembali ke Eropa. Kapel kekaisaran Santa Helena berada di Roma menjadi lokasi Basilika Santa Croce di Jerusalem dan istananya di Trier menjadi tempat Katedral Trier. Dia biasanya digambarkan dengan sebuah mahkota, karena dia adalah seorang Ratu, dan dengan salib, karena dia menemukan Salib Asli di lokasi Makam Suci.

Santo Yakobus

Salah satu dari dua rasul yang bernama James, dan disebut “Agung” karena ia menjadi murid pertama. Dia adalah saudara Yohanes dan anak Zebedeus, dan menjadi martir oleh pemenggalan. Dia menemukan ketenaran besar pada abad ke-9, ketika reliknya secara ajaib ditemukan di sebuah lapangan di utara Spanyol. Santiago de Compostela segera menjadi salah satu tujuan ziarah yang paling populer pada Abad Pertengahan. Ikonografi Yakobus biasanya mencerminkan hal ini, menggambarkan dia sebagai seorang peziarah – dengan kantong, berjalan dengan tongkat, topi bertepi lebar dan cangkang kerang (lambang dari peziarah Santiago). Satu lagi gambaran abad pertengahan yang populer adalah “Santo Yakobus Pembasmi Moor,”yang mencerminkan peran Yakobus dalam membantu raja-raja Spanyol mengusir Muslim. Lebih jarang, ia ditampilkan sebagai seorang rasul yang rendah hati dengan tongkat.

Santo Yohanes Pembaptis


Yohanes Pembaptis adalah sepupu Yesus, yang menjalani hidup yang keras di padang gurun dan berkhotbah tentang pertobatan dan pembaptisan. Banyak dari murid-muridnya menjadi murid Yesus. Ia dipenggal oleh Herodes dan kepalanya disajikan di piring perak untuk Herodias. Reliknya dikatakan berada di Gereja St Sylvester di Roma dan di Katedral Amiens, sementara seluruh kepalanya diyakini berada di Masjid Umayyah di Damaskus, Suriah. Yohanes Pembaptis biasanya memakai jubah rambut unta (meskipun kadang-kadang dengan jubah biasa), rambut liar dan jenggot sambil memegang medalion silang atau dengan Anak Domba Allah (mewakili identifikasi tentang Yesus seperti itu).

Untuk simbolisasi orang-orang kudus lainnya bias dilihat dari daftar berikut.

Seorang wanita dengan …

* Panah – Ursula
* Gaun berwarna biru – Perawan Maria
* Piala – Barbara
* Salib – Helena
* Mahkota – Catherine, Helena, Ursula
* Kendi – Maria Magdalena
* Domba – Agnes
* Cabang palem – martir apapun
* Menara – Barbara
* Roda – Katarina

Seorang pria dengan …

* Malaikat (manusia bersayap) – Matius
* Baju baja – George; Michael
* Kapak – Matthias
* Jenggot dan anak kecil – Abraham
* Sabuk – Thomas
* Burung – Fransiskus
* Jubah monastik hitam – Benediktus
* Banteng dengan sayap – Lukas
* Penggaris tukang kayu – Thomas
* Pakaian orang gua – Yohanes Pembaptis
* Anak di pundaknya – Christopher
* Salib – Yohanes Pembaptis
* Salib, diagonal – Andrew
* Salib, atas-bawah – Peter
* Tongkat uskup – uskup, kepala biara jika berpakaian seperti biarawan
* Cangkir dengan ular – John; Benediktus
* Setan di rantai – Bernard
* Naga – George; Michael
* Elang – Yohanes Penginjil
* Alat pemanggang – Lawrence
* Kecapi – Raja Daud
* Tanduk – Musa
* Kunci – Peter
* Pisau – Bartholomew
* Domba medalion – Yohanes Pembaptis
* Singa dengan sayap – Mark
* Singa sedang menyerang – Ignatius dari Antiokhia
* Cabang palem – martir
* Pakaian paus – Gregory
* Gagak dengan roti di paruhnya – Benediktus
* Rosario – Dominic
* Perisai dengan salib merah – Michael
* Tombak – George, Thomas
* Tongkat dan anak di bahu – Christopher
* Pedang – Paul
* Tiga kantong bulat kecil – Nicholas
* Cambuk, dengan tiga tali – Ambrose
* Anjing putih – Bernard
* Manusia bersayap – Matius
* Singa bersayap – Markus
* Kerbau bersayap – Lukas
* Sayap – Michael atau Gabriel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s