Kumbh Mela – Laku Spiritual Terbesar di Dunia

Kumbh Mela adalah laku ritual ziarah umat Hindu yang terbesar dan dilakukan di sepanjang sungai Gangga yang suci. Biasanya Kumbh Mela dirayakan setiap 3 tahun sekali, Ardh Kumbh Mela dirayakan setiap 6 tahun sekali di Haridwar dan Prayag, Purna Kumbh Mela dirayakan setiap 12 tahun sekali di 4 tempat sekaligus (Prayag (Allahabad), Haridwar, Ujjain, dan Nashik). Sedangkan Maha Kumbh Mela dirayakan setiap 12x perayaan Purna Kumbh Mela atau setiap 144 tahun sekali, dan dirayakan di Allahabd.

Perayaan Ardh Kumbh Mela di Prayag terakhir kali pada Januari 2007 dan dihadiri oleh lebih dari 70 juta peziarah Hindu dari berbagai pelosok India. Perayaan ini dirayakan selama 45 hari sejak awal bulan Januari.

Maha Kumbh Mela terakhir kali diadakan tahun 2001 dan dihadiri sekitar 60 juta orang. Hal ini membuat perayaan Kumbh Mela menjadi perayaan laku spiritual terbesar di dunia.

Dalam laku spiritual ini, semua umat Hindu akan turun dan mandi di sungai Gangga untuk menghapus semua dosa-dosa yang telah diperbuat sebelumnya. Oleh karena ini merupakan perayaan spiritual terbesar di India, maka kita dapat melihat segala atraksi dan kebudayaan unik dari seluruh pelosok India dalam perayaan ini.

Berikut adalah foto-fotonya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s