Gereja San Salvatore di Spoleto mungkin tidak dimasukkan dalam daftar tempat atraksi wisata tetapi gereja ini tetap merupakan salah satu gereja tertua dan paling luar biasa di Italia dan layak dikunjungi para umat. Gereja ini berdiri sejak akhir abad ke-4 dan dibangun dengan gaya kuil pagan klasik. Meskipun sempat terjadi beberapa renovasi di kemudian hari, arsitektur aslinya masih sangat terawat baik sampai hari ini.

Apa yang harus Lihat

San Salvatore terletak di timur Spoleto di luar tembok kota yang menghadap sebuah kuburan monumental yang besar. Bunga sering dijual kepada pelayat di sepanjang Via della Basilica San Salvatore. Perjalanan dari kota juga akan melewati gereja San Ponziano, sebuah gereja abad pertengahan yang juga layak dikunjungi.

Seperti kebanyakan gereja, fasad sisi barat San Salvatore berasal dari akhir abad ke-4 atau awalabad ke-5. Di atasnya terdapat tiga jendela yang terbuka dalam gaya klasik aedicules, serta beberapa panel marmer (dengan motif oriental yang menarik) yang pada awalnya menutupi seluruh fasad atas. Pada bagian bawah terdapat tiga portal persegi ditutup dengan relief klasik bergaya salib yang diapit oleh bunga dan anggur. Kemungkinan pada awalnya terdapat sebuah serambi di atas pintu.

http://www.sacred-destinations.com/italy/spoleto-san-salvatore

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s