Gereja Gua Santo Petrus (juga disebut Grotto St Petrus; dalam bahasa Turki: Sen Piyer Kilisesi) adalah sebuah gereja gua kuno dengan fasad bebatuan yang terletak tepat di luar Antiokhia (Antakya modern), Turki.
Sejarah

Gua ini diyakini telah digali oleh Rasul Petrus sendiri sebagai tempat bagi masyarakat Kristen awal dari Antiokhia untuk bertemu dan dengan demikian menjadi gereja Kristen pertama.

Entah benar atau tidak, St Petrus (dan Santo Paulus) memang pernah berkhotbah di Antiokhia sekitar tahun 50 M dan sebuah gereja telah didirikan di Antiokhia sejak tahun 40 M.

Antiokhia menjadi pusat utama untuk perencanaan dan pengorganisasian usaha misionaris para rasul , dan tempat ini telah menjadi basis bagi perjalanan awal misionari Paulus. Malah untuk pertama kalinya lah para penduduk Antiokhia menyebut para pengikut Yesus dengan sebutan “Kristen”

Façade batu menarik gereja ini dibuat oleh para Tentara Salib, yang merenovasi gua selama kekuasaan mereka di Antiokhia dari tahun 1098-1268.
Apa yang harus Lihat

Bagian dalam gereja gua sudah tentu terlihat keras dan sederhana. Perabotan permanennya hanyalah sebuah altar kecil, patung tunggal, dan singgasana batu. Di dinding hampir tidak dilihat sisa-sisa lukisan dinding, dan pada lantai dapat terlihat beberapa jejak mosaik. Di belakang gereja terdapat terowongan yang mengarah ke pedalaman gunung, secara umum diyakini menjadi sarana untuk melarikan diri pada saat penganiayaan terhadap umat Kristen.

Pelayanan ibadah masih dilakukan di Grotto St. Petrus, terutama pada hari puasa St Petrus dan St Paulus (Juni 29) dan pada hari Natal.

Sumber:

http://www.sacred-destinations.com/turkey/antioch-cave-church-of-peter

 

One thought on “Gereja Gua Santo Petrus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s