Lokasi:                                  Jawa Tengah

Asal nama:                          Ngawen (nama desa tempat candi ini berada)

Tahun pembuatan:         Abad 8 M

Peninggalan:                      Kerajaan Mataram Kuno (Wangsa Syailendra)

 

Candi yang terletak di Desa Ngawen, Kecamatan Muntilan, Magelang, Jawa Tengah ini merupakan salah satu candi yang bercorak Buddha. Sebuah prasasti, yaitu prasasti Karang Tengah yang berangka tahun 824 M mencantumkan keberadaan candi ini. Candi Ngawen dibangun pada masa pemerintahan Syailendra pada zaman Kerajaan Mataram Kuno.

Candi yang berjarak kira-kira 5 km sebelum candi Mendut dari arah Yogyakarta ini terdiri dari 5 buah candi kecil. Pada salah satu candi terdapat sebuah patung Buddha dalam posisi duduk Ratnasambawa, namun sudah tidak lengkap kepalanya. Pada dua candi lain dilengkapi dengan hiasan patung singa pada keempat sudutnya. Beberapa relief pada sisi candi masih nampak jelas, yaitu relief Kinara-Kinari dan kala makara. Kelima bangunan candi ini diperuntukkan bagi kelima Dhyani Buddha dan memiliki pintu masuk yang menghadap arah timur. Istimewanya lagi, pada sisi timur dan barat candi ini terdapat Sungai Blongkeng dan Kali Kebo yang seolah-olah mengapit candi ini.

Candi ini pertama kali ditemukan pada 1864 oleh seorang Belanda bernama Hoepermans. Dalam perkembangannya, candi ini pernah direstorasi. Proses restorasinya selesai pada 1927. Hingga kini, tidak ada lagi usaha untuk merestorasi. Hal ini disebabkan banyaknya batu dan ornamen yang hilang atau tidak ditemukan sehingga pelaksanaan restorasi menjadi sulit. Selain itu, usaha untuk mereka-ulang candi ini juga belum berhasil.

Di sekeliling candi terdapat semacam selokan kecil yang masih berair dan mengandung belerang. Candi ini dilengkapi dengan sebuah taman agar menambah keasrian. Tidak jarang nampak angsa-angsa kecil yang sedang asyik bermain di dalam taman kompleks candi. Hal ini menambah pemandangan candi menjadi lebih segar dan mengasyikkan.

Sumber:

Jelajah Candi Nusantara

http://id.wikipedia.org/wiki/Candi_Ngawen

http://hurahura.wordpress.com/2010/09/20/candi-ngawen-yang-unik-yang-terpinggirkan/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s