Lokasi:                                  Yogyakarta

Tahun pembuatan:          Abad 8/9 M

Peninggalan:                      Kerajaan Mataram Kuno

 

Candi Sari adalah candi Buddha yang berada tidak jauh dari Candi Sambi Sari, Candi Kalasan dan Candi Prambanan, yaitu di bagian sebelah timur laut dari kota Yogyakarta, dan tidak begitu jauh dari Bandara Adisucipto. Candi ini dibangun pada sekitar abad ke-8 dan ke-9 pada saat zaman Kerajaan Mataram Kuno dengan bentuk yang sangat indah. Pada bagian atas candi ini terdapat 9 buah stupa seperti yang nampak pada stupa di Candi Borobudur, dan tersusun dalam 3 deretan sejajar.

Bagian tubuh candi terdiri dari 3 ruangan yang masing-masing dihubungkan dengan pintu masuk. Pada bagian luar tubuh candi terdapat ukiran arca-arca yang mengapit jendela. Arca ini merupakan arca Bodhisatva dan Tara yang berjumlah 36 buah. 8 buah di sisi timur, 8 di sisi utara, 8 di sisi selatan, dan 12 di sisi barat. Selain itu di sebelah kiri-kanan jendela terpahat Kinara Kinari (sepasang makhluk khayangan berbentuk setengah manusia dan setengah burung).

Bentuk bangunan candi serta ukiran relief yang ada pada dinding candi sangat mirip dengan relief di Candi Plaosan. Beberapa ruangan bertingkat dua berada persis di bawah masing-masing stupa, dan diperkirakan dipakai untuk tempat meditasi bagi para pendeta Buddha (bhiksu) pada zaman dahulunya. Candi Sari di masa lampau merupakan suatu Vihara Buddha, dan dipakai sebagai tempat belajar dan berguru bagi para bhiksu. Konstruksi lantai dan pintu terbuat dari kayu, serta jendela berjeruji juga terbuat dari kayu. Pada dinding utara dan selatan bilik bawah terdapat relung yang dihiasi dengan kala makara.

 

Sumber:

Jelajah Candi Nusantara

http://id.wikipedia.org/wiki/Candi_Sari

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s