Ivolginsky Datsan

Ivolginsky Datsan, terletak di Timur Siberia dekat Danau Baikal, merupakan vihara buddhis terpenting di Rusia. Tempat ini juga sekaligus merupakan kediaman bagi sebuah fenomena yang terus menggelitik para ilmuwan dan menarik ribuan umat – yakni mumi (tubuh utuh) dari Khambo Lama, yang meninggal tahun 1927 dan sampai sekarang masih duduk dalam posisi teratai.

Sejarah

Dashi-Dorzho Itigilov lahir tahun 1852 dan memulai pendidikan agamanya pada usia 16 tahun. Dia belajar di Anninsky Datsan (sebuah universitas buddhis di Buryatia, sekarang hanya tinggal nama) dan memperoleh gelar dalam bidang pengobatan dan filosofi. Tahun 1911, dia ditunjuk menjadi Pandito Khambo Lama ke-12 (juga disebut Hambo Lama), pemimpin spiritual buddhis di Rusia.

Sebagai Khambo Lama, Itigilov dihargai atas jasa-jasanya menghidupkan kembali agama Buddha di antara kaum Buryat dan dengan mendirikan Gunzechoyney datsan, kuil buddhis pertama di St. Petersburg. Beliau juga bersahabat dekat dengan Tsar Nicholas II, yang mengundang Lama untuk mengunjungi rumahnya selama perayaan 300 tahun dinasti Romanov pada tahun 1913, menobatkannya dengan tanda jasa Order of St. Stanislas pada Maret 1917.

Itigilov tetap menjadi figur yang menginspirasi setelah melepaskan jabatannya sebagai Khambo Lama tahun 1917. Selama Perang Dunia Pertama, Itigilov mendirikan organisasi “Persaudaraan Buryat” yang membantu para tentara dengan uang, makanan, pakaian dan obat-obatan. Beliau juga mendirikan sejumlah rumah sakit dengan dokter-dokter lama yang membantu merawat tentara yang terluka. Atas hal inilah dia memperoleh penghargaan St. Anna Award.

Tahun 1926, Itigilov memperingatkan para muridnya tentang kedatangan terror “ajaran merah” dan menasehati mereka untuk pergi mengungsi ke Tibet. Beliau sendiri tetap berada di Siberia dan di tahun 1927 beliau mengumumkan bahwa sudah saatnya bagi dia untuk meninggal. Beliau meminta para lama untuk bergabung bersamanya dalam meditasi dan memulai ritual pemakaman, dan dia meninggal ketika sedang bermeditasi dalam posisi teratai pada usia 75 tahun. Sesuai dengan keinginannya, tubuh Khambo Lama dimakamkan dalam sebuah kotak kayu dalam posisi teratai.

Mitos dan Misteri

Sungguh menarik, pernyataan Itigilov juga meminta agar para biksu menggali kembali jenazahnya setelah beberapa tahun. Hal ini dilakukan pada tahun 1955 dan kemudian pada tahun 1973, setelah beberapa kesulitan dalam menentukan letak jenazahnya. Dalam kedua penggalian tersebut, mereka menemukan tubuh Lama yang masih utuh dan masih dalam posisi duduk tegak (yang mana jenazah normal tidak mungkin dapat melakukan hal ini lebih dari dua minggu). Para biksu tidak mempublikasi fenomena luar biasa ini karena kebijakan anti-agama pemerintahan komunis.

Tubuh Dasha-Dorzho Itigilov kemudian dibawa ke Ivolginksy Datsan dan secara luas dipublikasi untuk pertama kalinya pada bulan September 2002, 75 tahun setelah kematiannya di tahun 1927. Tubuhnya hanya mengalami sedikit kerusakan sejak kematiannya tetapi masih tetap berada dalam kondisi utuh yang mengherankan para ilmuwan dan menarik ribuan umat.

Pada bulan November 2004, Profesor Viktor Zvyagin dari Federal Center of Forensic Medicine meneliti tubuh Itigilov di Ivolginsk dan melakukan analisis pada rambut, kulit dan spesimen kuku di Moskow. Dia menyimpulkan bahwa tubuh Itigilov dalam kondisi seperti seseorang yang baru saja meninggal 36 jam yang lalu. “Dalam tahun-tahun praktek saya, saya telah menghadapi berbagai macam sedikit contoh tentang tubuh-tubuh yang terawetkan, tetapi mereka semua adalah hasil dari mumifikasi” atau akibat kondisi lingkungan yang ekstrim, kata Zvyagin. “Tetapi ini adalah sesuatu yang berbeda, dan bagi saya, tidak dapat dipahami. Ini adalah fenomena yang membutuhkan penelitian yang paling mendetail.”

Umat Buddha meyakini bahwa Khambo Lama ke-12 adalah reinkarnasi dari Lama Damba Dorja Zayayev, Khambo Lama pertama yang lahir tahun 1702. Lama Damba Dorja Zayayev hidup selama 75 tahun. Dan 75 tahun setelah kematiannya, Lama Itigilov lahir, dan dia pun hidup hingga berusia 75 tahun. Para buddhis meyakini bahwa kondisi jenazah Lama Itigilov, merupakan bukti bahwa dia telah mencapai keadaan sunyata. Dia kemudian menjadi semacam sumber inspirasi bagi banyak lama dan samanera untuk mengikuti jejak spiritual dan lainnya dalam keyakinan buddhis.

Banyak penduduk lokal yang juga mempercayai bahwa jenazah Itigilov memiliki kemampuan penyembuhan, dan para peziarah berkumpul di Ivolginsky untuk menyentuh selendang Lama dengan kening mereka.

Apa yang Dilihat

Kuil ini terletak di sebuah lembah hijau yang lebar, memandang ke arah puncak gunung. Kompleks kuil, yang merupakan monument budaya yang dilindungi pemerintah, terdiri dari beberapa kuil: Sockshin-gugan, Maidrin-sume, Devazhin dan Sackhjusan-sume. Juga terdapat sebuah perpustakaan, sebuah hotel, sebuah pusat pembelajaran buddhis, sebuah museum seni Buryat, gedung servis dan perumahan bagi para lama.

Fokus dari situs ini adalah kuil utama, dilindungi oleh lukisan macan dan dekorasi indah di dalam. Interiornya merupakan perpaduan berbagai macam warna, dengan gambar naga mengelilingi pilar-pilar, dan ratusan lukisan dan patung Buddha dalam berbagai inkarnasi.

Di dalam kuil utama inilah jenazah Itigilov disimpan, dalam sebuah peti kaca. Peti ini hanya dipajang selama 7 hari dalam setahun, pada saat hari raya buddhis. Itigilov duduk dalam peti kaca di depan patung Buddha besar di dalam kuil, mengenakan jubah berwarna kuning emas dan oranye.

Ziarah

Vihara ini menarik banyak pengunjung dan peziarah sepanjang tahun, tetapi paling banyak pada tujuh hari setiap tahun dimana tubuh Khambo Lama dipajang untuk umum. Peziarah memulai kunjungan mereka dengan berjalan searah putaran jarum jam mengelilingi vihara, meletakkan koin di dalam kotak-kotak pengumpulan, dan memutari roda doa dalam berbagai bentuk dan ukuran. Kemudian mereka berbaris dalam antrean, yang mungkin saja menghabiskan waktu satu jam, untuk dapat memasuki kuil utama.

 

Source:

http://www.sacred-destinations.com/russia/ivolginsky-datsan-buddhist-temple.htm

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s