Zen di dalam Kehidupan Seorang Pengemis

Tosui adalah seorang guru Zen yang terkenal di masanya. Beliau berdiam di beberapa kuil dan mengajar di berbagai provinsi.

Kuil terakhir yang dikunjunginya mengumpulkan begitu banyak pengikut sehingga Tosui mengatakan pada mereka bahwa dia akan segera berhenti memberikan pelajaran. Beliau menyarankan mereka untuk pergi kemanapun yang mereka mau. Setelah itu tidak seorang pun yang mampu menelusuri jejak dimana beliau berada.

Tiga tahun kemudian salah satu muridnya menemukan beliau sedang hidup bersama dengan beberapa pengemis di bawah sebuah jembatan di Kyoto. Dia langsung meminta Tosui untuk mengajarinya sesuatu.

“Jika kamu dapat melakukan hal seperti yang kulakukan ini selama beberapa hari, mungkin aku bersedia mengajarimu,” jawab Tosui.

Oleh karena itu murid tadi kemudian berpakaian seperti seorang pengemis dan menghabiskan sepanjang hari bersama Tosui. Pada keesokan harinya, seorang pengemis meninggal dunia. Tosui dan muridnya membawa mayat tersebut saat tengah malam dan menguburkannya di gunung. Setelah itu mereka kembali pulang ke bawah jembatan.

Tosui tidur terlelap pada malam itu, sedangkan muridnya sama sekali tidak bisa tidur. Ketika pagi tiba Tosui berkata: “Kita tidak perlu mengemis hari ini. Teman terkasih kita telah meninggalkan beberapa makanan di sebelah sana.” Tetapi si murid tidak mampu memakan satu gigitan sekalipun.

“Telah kukatakan padamu bahwa kamu tidak akan bisa melakukan seperti apa yang kulakukan,” jelas Tosui. “Pergilah dari sini dan jangan ganggu aku lagi.”
***********

Source:

http://www.101zenstories.org/zen-in-a-beggars-life/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s