Ajaran Buddha di Penjuru Dunia

buddha

Perkiraan jumlah penganut ajaran Buddha di seluruh dunia beragam antara 350 juta hingga 1,5 miliar jiwa. Perbedaan tersebut dikarenakan beberapa faktor seperti keanggotaan konggres dan praktek keyakinan Buddhis yang dikombinasikan dengan agama/kepercayaan tradisional seperti Shinto, Kong Hu Cu dan Taoisme. Mari kita lihat  beberapa negara dimana Ajaran Buddha telah menanamkan jejaknya.

Cina

Cina adalah rumah bagi 100 juta penganut Ajaran Buddha – jumlah yang terbanyak di antara Negara-negara lainnya di dunia. Ajaran Buddha sendiri hampir musnah di Cina selama abad ke 20. Wihara-wihara dan kuil-kuil telah dibangun kembali dalam beberapa waktu belakangan ini. Buddhisme Tibetan atau Lamaisme merupakan pengaruh Buddhis terbesar di Cina. Aliran Buddhis terpenting yang palig menyebar luas di Cina adalah aliran Tanah Suci yang datang dari India, aliran Ch’an Men (atau Zen di Jepang) yang didirikan oleh seorang biksu India Bodhidharma pada tahun 520 Masehi, dan aliran T’ien T’ai.

Tibet

Hal yang paling membedakan Buddhisme Tibetan adalah kepercayaannya dalam reinkarnasi. Menurut kepercayaan ini, seseorang memilih untuk terlahir kembali sehingga dia dapat menyelesaikan pekerjaan yang belum dia selesaikan dalam kehidupan sebelumnya. Buddhisme Tibetan memiliki ciri yang diadopsi dari ajaran Hindu dan Bon, agama asli masyarakat Tibet.

India

Setelah ajaran Buddha hampir tersapu bersih dari India, tanah asalnya, ajaran ini kembali berkembang pada tahun 1891 dengan didirikannya Perkumpulan Mahabodhi. Pada tahun 1956, ajaran Buddha mendapatkan dukungan lain ketika Dr.B.R. Ambedkar, pembuat Undang-Undang India, pindah ke agama Buddha bersama dengan ratusan pengikutnya. Saat ini ada sekitar 4 juta pemeluk agama Buddha di India. Pemimpin spiritual dan politik Tibet, Yang Mulia Dalai Lama, saat ini tinggal dan menetap di India (Dharmshala).

Indonesia

Hanya 1% dari penduduk Indonesia yang mempraktekkan ajaran Buddha saat ini dan kebanyakan diantaranya adalah etnis Cina. Mereka memiliki versi ajaran Buddha mereka sendiri, yang mana memberikan penghormatan pada Tuhan Yang Maha Esa, Sang Hyang Adi Buddha. Namun demikian, semua buddhis di Indonesia mengakui Empat Kebenaran Mulia dan Jalan Mulia Berunsur Delapan.

Jepang

Ajaran Buddha selalu berkembang di Jepang. Sekitar 84% penduduknya mempraktekkan campuran antara ajaran Buddha dan Shinto. Terdapat banyak aliran Buddhis di Jepang -157 secara jumlah. Ritual dan latihan-latihan berbeda antara satu aliran dengan aliran lainnya. Zen merupakan agama utama di Negara ini, dengan penganut sekitar 3,32 juta jiwa.

Thailand

Mayoritas (94,6%) penduduk Thailand mempraktekkan ajaran Buddhisme Theravada dan Negara ini memiliki kekayaan kuil-kuil dan stupa-stupa Buddhis. Bahkan bendera nasional pun dikatakan menyimbolkan ajaran Buddha. Para biksu mendapatkan penghormatan tertinggi di Thailand dan orang-orang mendorong keluarga mereka untuk bergabug masuk menjadi biksu.

Amerika

Robert A.F.Thurman, seorang penulis Buddhis Amerika yang terkenal, adalah alasan jumlah Buddhis di Amerika sekitar 5 hingga 6 juta. Orang-orang Asia yang mewarisi Buddhisme tradisi keluarga mereka, merupakan 75 hingga 80% dari populasi Buddhis Amerika; sedangkan sisanya adalah non-Asia. Bentuk Buddhisme barat adalah reinterpretasi modern dari ajaran asli, dengan penekanan pada meditasi daripada sekedar doktrin, ritual dan kehidupan biara.

Inggris

Menurut sensus tahun 2001, terdapat sekitar 150.000 praktisi Buddhis di Inggris dan jumlah ini terus meningkat.

Albert Einstein mengatakan, “Apabila ada agama yang dapat memenuhi kebutuhan ilmu pengetahuan modern, itu adalah agama Buddha.” Pembuktian kebenaran atas pernyataannya tersebut adalah meningkatnya popularitas ajaran Buddha di beberapa Negara di penjuru dunia.

Tentang penulis

Chip Tolaney menjalankan Buddha Groove dan merupakan contributor tetap artikel dan ajaran Buddha.

Source: internet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s