Buruan Cabut dari kantor Yuukkkzzz…

ruang kantor

Kalo biasanya temen2 masih ngumpul-ngumpul dulu bareng temen sebelom pulang kantor, ngerokok-ngerokok dulu di smoking room atau malah ngaskus dulu (mumpung udah di luar jam kerja), mending sekarang temen2 coba menghindari kegiatan-kegiatan kaya tadi. Mendingan langsung pulang ajah!

Ruang kantor yang nyaman dengan hembusan angin sejuk dari AC, space ruangan yang disekat-sekat, praktis karena berada 1 ruangan dengan mesin fax dan fotokopi, ternyata tidak menjamin kalau kesehatan temen2 akan terjamin selama berada di dalam ruangan kantor. temen2 mesti tau yang namanya SBS alias ” Sick Building Syndrome”.

SBS bisa diartikan sebagai gangguan kesehatan yang dialami oleh pekerja di dalam gedung, karena buruknya ventilasi dan adanya kontaminasi polutan di udara. Menurut website Indoor Air Quality, SBS bisa diartikan sebagai situasi dimana muncul gejala-gejala penyakit yang berhubungan dengan kondisi di dalam ruangan kantor, di mana gejala penyakit itu tidak bisa diidentifikasikan secara jelas dan bergantung pada lama waktu yang dihabiskan di dalam kantor. SBS ini juga berhubungan sama yang namanya radikal bebas. Masih bingung?

Coba cek, pernah nggak di kantor kaskuser tiba-tiba merasakan ciri-ciri seperti ini :

  • Mata dan hidung berair
  • Kulit kering
  • Pusing-pusing
  • Sakit tenggorokan
  • Sulit berkonsentrasi (padahal hanya menangani satu perkerjaan)
  • Mimisan
  • Gangguan pada sendi
  • Keram
  • Cepat capek (ngos-ngosan padahal hanya berjalan)
  • Demam
  • Seperti merasakan ada sesuatu yang beda saat meninggalkan kantor

Nah ternyata, gejala-gejala di atas bisa jadi muncul justru saat temen2 lagi ada di kantor. Di dalam ruangan seaman kantor, dimana kita sudah bebas dari radikal bebasnya sinar matahari, asap knalpot dan benda-benda kotor, kita masih bisa terkena penyakit.

Dan yang lebih aneh, penyakit itu muncul dari teknologi yang sebenarnya dibuat untuk memudahkan kita. Ternyata radikal bebas juga bisa muncul dari teknologi! Contohnya AC, selain membuat udara menjadi sejuk, ternyata terlalu lama berada di bawah hembusan AC terlalu lama, bisa menyebabkan kulit kering. Apalagi jika suhu yang dipasang sangat dingin.

temen2 pasti merasa pusing mulai menyerang. Berada satu ruangan dengan mesin fotokopi/fax? Memang mempermudah kita untuk memperbanyak dokumen, banyak kantor yang menempatkan mesin fotokopi dalam ruangan bersama-sama dengan penghuni atau pekerja lainnya. tapi dari mesin fotokopi/fax, terpancar sinar ultraviolet yang bisa membentuk ozon di dalam ruangan. Ozon di dalam ruangan bisa membuat iritasi mata dan lama kelamaan bisa menyebabkan kanker!

Ngerasa aman karena hanya ditemani oleh komputer? Keyboard, mouse dan screen komputer ternyata adalah musuh dalam selimut! Tahukah temen2, kalau ternyata keyboard atau mouse komputer yang jarang dibersihkan, lebih kotor daripada tempat duduk di toilet? Hiii serem!! Monitor komputer ternyata juga menghasilkan sinar ultarviolet yang dapat mengakibatkan iritasi mata dan gangguan kesehatan lainnya.

Aman karena nggak ada lagi yang merokok di ruangan kerja kaskuser? Berarti kaskuser nggak tau efek negatif dari printer! toner pada printer laser juga bisa merusak paru-paru dengan kadar sebanding dengan partikel yang dihasilkan rokok! Penelitian terbaru yang dilakukan Queensland University , Australia menyebutkan sejumlah model dan merek printer ini sebagian besar menunjukkan pencemaran toner (serbuk printer laserjet) pada paru-paru terutama bagi mereka yang sering menggunakan printer ataupun yang berada dalam satu ruangan dengan mesin printer. Sepertiga dari 60 mesin printer yang diteliti, ditemukan pencemaran partikel dari toner yang bisa masuk ke dalam paru-paru, dan menyebabkan gangguan pada saluran pernafasan, atau gangguan kronis lainnya!

Ternyata, berada di dalam ruangan yang aman dan nyaman seperti gedung kantor, tidak menjamin kita untuk bebas dari yang namanya radikal bebas. Kalo gitu, coba selesaikan semua kerjaan di kantor biar nggak lembur, begitu masuk jam pulang kantor, buruan cabutttt!!!!

Source: milis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s